9 Faktor Penting Dalam Memilih Lokasi Rumah Hunian, Jangan Sampai Salah

9 Faktor Penting Dalam Memilih Lokasi Rumah Hunian
Banyak orang yang bingung dalam memilih lokasi rumah hunian atau rumah tinggal. Diantara mereka yang sedang mencari rumah, terkadang hanya memprioritaskan faktor harga murah namun tidak mempertimbangkan faktor penting lainnya seperti faktor lokasi yang strategis, keamanan dan kemudahan dalam menjangkau fasilitas umum.

9 Faktor Penting Dalam Memilih Lokasi Rumah Hunian

Berikut ini kami akan mengulas 9 faktor utama dalam memilih lokasi rumah hunian seperti yang dikutip dari ejurnal.its.ac.id. berikut ulasannya.

1. Aksesibilitas yaitu kemudahan menuju pusat perbelanjaan        
Faktor lokasi memang menjadi prioritas utama dalam memilih tempat tinggal, salah satu diantaranya adalah faktor aksesibilitas atau kemudahan menuju pusat perbelanjaan.

Sarana prasarana menuju ke pusat-pusat perbelanjaan harus tersedia dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Jaringan jalan yang baik, sarana transportasi (angkutan) yang lengkap menjadi pertimbangan utama saat memilih rumah

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Buat Sertifikat Tanah

2. Ketersediaan Prasarana Air Bersih
Air merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup tidak terkecuali manusia, manusia membutuhkan air untuk berbagai aktifitas termasuk untuk minum dan mencuci. Ketersedian air bersih menjadi satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat memilih rumah.

3. Ketersediaan Fasilitas Perbelanjaan (Pertokoan)
Segala kebutuhan pokok itu dapat dipenuhi di pusat-pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional, pasar swalayan dll. Jika rumah jauh dari pusat perbelanjaan maka itu akan menghambat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari

4. Ketersediaan Fasilitas Peribadatan
Tempat ibadah menjadi faktor pendukung dari kegiatan sehari-hari, biasanya masyarakat akan lebih nyaman jika tingal dekat dengan fasilitas peribadatan seperti mushola atau gereja.

Ini menjadi poin positif bagi anda sebagai pengembang dalam menentukan lokasi pembangunan perumahan dekat dengan fsilitas peribadatan.

5. Keindahan (kebersihan)
Kebersihan lingkungan di sekitar rumah juga menjadi catatan penting sebelum membeli rumah, sebab hal ini akan mempengaruhi kesehatan dan juga kenyamanan Anda tinggal disana.

Apabila Anda tinggal di lingkungan yang indah dan bersih maka Anda pun akan merasa betah dan nyaman tinggal di rumah baru Anda.

6. Aksesibilitas (Kemudahan Menuju Angkutan Umum).
Angkutan umum seperti Angkot, Bus atau mungkin Kereta Api adalah angkutan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan menuju sarana angkutan umum menjadi prioritas karena ini menyangkut mobilitas Anda setiap harinya.

7. Aksesibilitas (Kemudahan Menuju Sekolah).
Kemudahan menuju sekolah atau sarana pendidikan juga merupakan faktor penting dan harus anda utamakan. Biasanya keluarga baru kurang memperdulikan hal ini, namun dalam waktu dekat ketika Anda sudah memiliki anak baru akan terasa perlunya kemudahan menuju sekolah.

8. Ketersediaan Jaringan Listrik
Lokasi rumah dekat dengan kota memungkinkan ketersediaan listik yang memadai, namun Anda juga harus memperhatikan faktor keseringan mati lampu atau pemadaman listrik. Upayakan memilih lokasi yang jarang terjadi pemadaman listrik. Hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan dan kualitas alat-alat elektronik yang Anda miliki

9. Harga Lahan/Rumah.
Memilih rumah hunian tentunya tidak lepas dari harga tanah/lahan, memilih rumah di daerah ramai atau perkotaan maka konsekuensnyai harga tanah mahal. Sementara jika memilih lokasi jauh dari kota maka harga akan lebih murah. Semua tergantung pada Anda, silahkan sesuaikan keinginan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Kesimpulan..
Memilih lokasi yang akan dibangun rumah hunian adalah langkah awal sebelum memiliki rumah tersebut. Adapun sembilan faktor utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah antara lain: aksesibilitas yaitu kemudahan menuju pusat perbelanjaan, ketersediaan prasarana air bersih, ketersediaan fasilitas perbelanjaan (pertokoan), ketersediaan fasilitas peribadatan, keindahan (kebersihan), aksesibilitas (kemudahan menuju angkutan umum), aksesibilitas (kemudahan menuju sekolah), ketersediaan jaringan listrik dan harga lahan/rumah.

Semoga sembilan faktor penting dalam memiliki lokasi rumah hunian yng sudah kami paparkan di atas dapat menginpirasi saat akan membeli atau membangun rumah huni yang baru. Mohon maaf apabila ada salah, terimakasih.
Newest
Previous
Next Post »